Minggu, 28 Maret 2010

Makalah Java

NPM : 2007 4351 9058
NAMA : M. FEBRIYANTO
KELAS : 5N

JAVA


Pada bagian ini, kita akan mendiskusikan mengenai bagian dasar pemrograman java. Kita akan memulai dengan mencoba menjelaskan bagian dasar dari program Hello.java yang telah Kita akan diskusikan beberapa pedoman cara menulis script atau petunjuk penulisan kode dalam penulisan program lebih efektif dan mudah dibaca.
Pada akhir pembelajaran ini, pelajar seharusnya dapat :
1. Mengidentifikasi bagian dasar dari program java
2. Membedakan mana yang termasuk ke dalam java literals, tipe data dasar, tipe variabel, pengidentifikasian dan operator.
3. Mengembangkan program java sederhana menggunakan konsep pembelajaran pada bab ini.
4. Menganalisa program java pertama saya

Menganalisa program Java pertama saya
Sekarang, kita akan berusaha untuk menganalisa program java pertama anda :
public class Hello
{
/**
* My first java program
*/
public static void main(String[] args) {
//menampilkan string”Hello world” pada screen
System.out.println("Hello world!");
}
}

Baris pertama kode :
public class Hello
mengindikasikan nama class yaitu Hello. Pada java semua kode seharusnya ditempatkan didalam deklarasi class. Kita melakukannya dengan menggunakan kata kunci class. Sebagai tambahan, class menggunakan akses khusus public, yang mengindikasikan bahwa class kita mempunyai akses bebas ke class yang lain dari package yang lain pula (package merupakan kumpulan class-class). Kita akan membahas lebih dalam mengenai package dan akses khusus pada pembahasan selanjutnya.
Baris berikutnya yaitu yang terdiri atas kurung kurawal { mengindikasikan awal blok. Pada kode ini, kita menempatkan kurung kurawal pada baris selanjutnya setelah deklarasi class, bagaimanapun, kita dapat juga meletakkan kurung kurawal ini setelah baris pertama dari kode yang kita tulis. Jadi, kita dapat menulis kode kita sebagai berikut :
public class Hello
{
atau
public class Hello {
Tiga baris selanjutnya mengindikasikan adanya komentar dalam bahasa java. Komentar adalah sesuatu yang digunakan untuk mendokumentasikan setiap bagian dari kode yang ditulis. Komentar bukan merupakan bagian dari program itu sendiri, tetapi digunakan untuk tujuan dokumentasi. Komentar itu sendiri dapat ditambahkan pada kode yang anda tulis sebagai petunjuk yang dapat membantu proses pembelajaran pemrograman yang baik.
/**
* My first java program
*/
Komentar diindikasikan oleh tanda “/*” dan “*/”. Segala sesuatu yang ada diantara tanda tersebut diabaikan oleh compiler java, dan mereka hanya dianggap sebagai komentar.
Baris selanjutnya,
public static void main(String[] args) {
atau dapat juga ditulis sebagai berikut,
public static void main(String[] args)
{
mengindikasikan nama suatu method dalam class Hello yang bertindak sebagai method utama. Method utama adalah titik awal dari suatu program java. Semua proram kecuali applet yang ditulis dalam bahasa java dimulai dengan method utama. Yakinkan untuk mengikuti kaidah penulisan tanda yang benar.
Baris selanjutnya juga merupakan komentar,
//prints the string "Hello world" on screen
Sekarang kita mempelajari 2 cara untuk membuat komentar. Cara pertama adalah dengan menempatkan komentar dalam /* dan */, dan cara yang lain adalah dengan menuliskan tanda // pada awal komentar
Baris selanjutnya,
System.out.println("Hello world!");
menampilkan teks “Hello World!” pada layar. Perintah System.out.println(), menampilkan teks yang diapit oleh tanda double pute (“ ”) pada layar.
Dua baris terakhir yang terdiri atas dua kurung kurawal digunakan untuk menutup method utama dan masing-masing class secara berurutan.


TIPE DATA

Java merupakan contoh bahasa yang strongly typed language. Hal ini berarti bahwa setiap variabel harus memiliki tipe yang sudah dideklarasikan. Terdapat 8 tipe primitif, 6 diantaranya adalah tipe bilangan ( 4 tipe integer, 2 tipe floating point), 1 tipe karakter char, digunakan mengawa-sandi (encode) Unicode, dan 1 tipe boolean.

Integer
Tipe Tempat yang Diperlukan Jangkauan (inclusive)
Int 4 byte - 2.147.483.648 sampai 2.147.483.647 (hanya lebih dari 2 miliar)
Short 2 byte - 32.768 sampai 32.767
Long 8 byte - 9.223.372.036.854.775.808L sampai 9.223.372.036.854.775.807L
Byte 1 byte - 128 sampai 127

Floating Point
Tipe Tempat Yang Dibutuhkan Jangkauan
float 4 byte secara kasar 3,40282347E+38F ( 7 digit desimal signifikan)
double 8 byte secara kasar  1,79769313486231570E+308 (15 digit desimal siignifikan)

Char
Tipe char menggunakan tanda kutip tunggal untuk menyatakan suatu char. Tipe char juga menyatakan karakter dalam upaya mengawa-sandi unicode, yang merupakan kode 2-byte. Karakter unicode paling sering dinyatakan dalam istilah skema pengkodean hexadesimal yang dimulai dari \u0000 sampai \uFFFF. Selain karakter bebas (escape ‘ \u ‘ yang menyatakan karakter unicode di Java terdapat juga

\b backspace \u0008
\t tab \u0009
\n linefeed \u000a
\r carriage return \u000d
\” double quote \u0022
\’ single quote \u0027
\\ a backslash \u005c

Boolean
Tipe boolean memiliki nilai true dan false. Tipe ini digunakan untul logical testing dengan menggunakan operator relasional.

Konversi antar Nilai Numerik
Operasi biner apapun pada variabel numerik dengan tipe yang berbeda dapat diterima dan diperlakukan dengan cara seperti dibawah ini :
Jika tipe operand adalah double, maka yang lain juga akan diperlakukan sebagai double pada lingkup operasi tersebut.
Jika operand adalah float, maka yang lain juga akan diperlakukan sebagai float.
Jika operand adalaha long, maka yang lain juga akan diperlakukan sebagai long.
konversi yang diijinkan adalah sebagai berikut :
byte  short  int  long  float  double

Dimana kita dapat memberikan nilai variabel suatu tipe disebelah kiri ke tipe disebelah kanannya.

VARIABEL

Variabel dalam ilmu matematika adalah sesuatu yang menyimpan nilai yang dapat berubah-ubah. Demikian juga dalam bahasa pemrograman. Variabel dalam bahasa pemrograman adalah lokasi dalam memori di mana sebuah nilai disimpan, dan nilai tersebut dapat diubah. Setiap variabel memiliki nama, tipe, dan nilai.
Jadi variable pada java berfungsi Untuk menyimpan nilai tertentu di dalam program aplikasi (memori komputer), nilai tersebut disimpan sesuai kedalam suatu variabel yang tipenya sesuai dengan tipe dari nilai tersebut serta item yang digunakan data untuk menyimpan pernyataan objects.
Java memiliki beberapa jenis variabel yang dapat dikelompokkan sebagai berikut :
• Instance Variables (tidak statis) ialah variabel yang digunakan sebagai atribut dari sebuah objek
• Class Variables (statis) ialah variabel yang digunakan sebagai atribut dari sebuah kelas.
1. Local Variabel adalah variabel yang dideklarasikan di dalam badan method.
2. Paramater atau argumen adalah variabel yang digunakan pada saat suatu metoda atau prosedur dipanggil. Parameter berguna untuk memberikan nilai awal untuk diteruskan (pass) ke dalam suatu prosedur atau metoda.

OPERATOR

Assignment Operator ( = )
Operator Assignment ( Penugasan )
Operator assignment dalam Java digunakan untuk memberikan sebuah nilai ke sebuah variabel. Operator assignment hanya berupa ‘=’, namun selain itu dalam Java dikenal beberapa shortcut assignment operator yang penting, yang digambarkan dalam tabel berikut :

Shorthand assignment operator Arithmetic Operator

Operator Usage Meaning
+= X += Y X = X + Y
-= X -= Y X = X – Y
*= X *= Y X = X * Y
/= X /= Y X = X / Y
%= X %= Y X = X % Y
Operator Operation
+ Addition
- Subtraction
* Multiplication
/ Division
% Modulo


Bitwise Operator Unary Operator

Operator Operation
& AND
| OR
^ XOR
>> Shift Kanan
<< Shift Kiri >>> Shift Kanan isi dengan nol
Operator Operation
~ Unary NOT
- Minus
++ Increment
-- Decrement











Relational Operator Logical Operator

Operator Operation
== Equal To
!= Not Equal To
> Greater Than
< Less Than >= Greater or Equal To
<= Less or Equal To Operator Operation ! Short-circuit NOT && Short-circuit AND || Short-circuit OR ?: Operator ternary if-then-else Preseden Operator Tertinggi () [] . ++ -- ~ ! * / % + - >> >>> << > >= < <=
== !=
&
^
|
&&
||
?:
= op=
Terendah


Tidak ada komentar: