Minggu, 21 Februari 2010

komputer sebagai pengantar bahasa

KOMPUTER SEBAGAI PENGANTAR BAHASA

I. PENDAHULUAN

A. Latar belakang masalah

Perkembangan teknologi modern saat ini salah satunya adalah komputer yang mana perkembangannya sangat pesat, sebenarnya komputer bukan merupakan penemuan yang baru muncul secara tiba-tiba seperti yang kita lihat dewasa ini yang jumlahnya meningkat. Peran komputer yang lain adalah sebagai pengantar bahasa bagi para pengguna komputer.

Dalam terjemahan bebas ke Bahasa Indonesia, komputer mempunyai arti sebagai alat bantu manusia dalam mengatasi suatu hal. Dapat dikatakan bahwa sebenarnya cabang ini bersumber dari kecerdasan buatan, dalam hal ini sistem pakar. Dikatakan demikian karena komputer memiliki sumber pengetahuan yang lengkap, seperti halnya kecerdasan buatan. Namun konsep pemahamannya sudah sedikit berbeda dengan konsep pemahaman sistem pakar. Sistem pakar diartikan bahwa program komputer dapat bertindak sebagai konsultan yang pintar dengan memakai pengetahuan yang telah diprogram, seorang pemakai yang tidak berpengalaman sekalipun dapat memecahkan suatu masalah. Sistem pakar mengandaikan kita menghadirkan Para pakar dedalam komputer, jadi seolah-olah kita berkonsultasi langsung dengan pakar.

Pemahaman yang dimiliki komputer sedikit lebih berkembang dari konsep sistem pakar. Bila ditinjau dari fungsinya, keduanya mempunyai fungsi sama, yaitu membantu manusia dalam memecahkan suatu masalah. Konsep komputer lebih dikembangkan kearah interaksi antar komputer dengan manusia. Dalam hal-hal tertentu sistem pakar tidak bisa memberikan penilaian atas keputusan yang diambil seseorang, yang biasa dilakukan oleh sistem pakar adalah memberi informasi guna dapat mengambil suatu keputusan.

Komputer itu sendiri berasal dari bahasa latin yaitu “COMPUTE” yang berarti menghitung, komputer dalam bahasa inggris berasal dari kata kerja “TO COMPUTE” komputer berarti alat hitung, sedang komputer dalam bahasa kita sehari-hari sama saja dengan kalkulator. Didalam uraian tersebut yang dimaksud dengan istilah komputer ialah elektronik komputer yang lazim disebut juga mesin pengolah data secara elektro magnetik untuk menyampaikan dan mengolah data kemudian memberikan hasil dari pengolahan tadi berupa output. Kesimpulannya komputer adalah sebuah alat yang melaksanakan pekerjaan-pekerjaan Science secara format dan logic dengan kecepatan tinggi dalam memecahkan masalah-masalah tanpa petunjuk manusia, akan tetapi bekerja atas dasar instruksi logic yang terdapat dalam Memory.

Peralatan komputer dijalankan dan dikendalikan oleh komponen-komponen penggerak elektronik yang dimulai dengan bentuk sederhana yaitu “VACUM TUBE” (tabung hampa) yang kemudian berkembang dengan memakai Transistor, kemudian Integrated Circuit (IC). Penggunaan alat-alat alektronik ini dapat langsung untuk menjalankan mesin-mesin atau fasilitas produksi dinamakan otomatisasi (Automation).

Komputer elektronik pertama diproduksi sekitar tahun 1940, sejak itu terjadi terobosan-terobosan radikal dalam bidang elektronika. Setiap terobosan yaitu penggantian bentuk-bentuk elektronika komputer yang lama diubah kegenerasi yang baru yaitu dalam bentuk elektronika yang diperbaharui. Generasi-generasi tersebut diklasifikasikan sebagai berikut:

· Generasi pertama : awal komputer yang mempergunakan tabung elektronika kira-kira tahun 1940-an, misalnya: EDSAC, EDVAC, LEO, dan UNIVAC 1.

· Generasi kedua : komputer yang lebih dapat diandalkan menggunakan transistor yang menggantikan komputer generasi pertama kira-kira tahun 1950-an, miaslnya : LEOMARK III, ATLAS, dan seri IBM 7000.

· Generasi ketiga : komputer yang lebih dapat diandalkan yang menggunakan Integrated Circuit (IC) kira-kira tahun 1960-an dan awal tahun 1970-an, misalnya : seri ICL 1900 dan seri IBM 360.

· Generasi keempat : Komputer yang digunakan saat ini terdiri dari peranti mikro elektronika yang lebih canggih seperti rangkaian terintegritas yang kompleks, misalnya Large Scale Integration (LSI) atau Very large Scale Integration (VLSI).

· Generasi kelima : Terdapat banyak perkiraan bahwa pada akhir abad ini komputer akan berkembang sangat jauh perkembangannya adalah komputer mampu berbicara dengan manusia mirip seperti manusia, selain itu juga komputer mampu menirukan dan berbicara seperti manusia kemampuan manual dan kepandaiannya.

Bahkan yang lebih menariknya perkembangan aplikasi VIRTUAL REALITY sangat canggih. Virtual Reality adalah teknologi antarmuka (interface) yang menjebatani jarak realitas antara manusia dengan komputer. Komponen utama Virtual Reality terdiri dari KOMPUTER GRAFIS berkecapatan tinggi yang berasal dari sensor gerak tubuh manusia (kepala, tangan, dan kaki), dan menampilkan hasil dilayar.

Melalui Virtual Reality kita dapat membangun “Dunia Semu” yang menyerupai dunia nyata. Dunia semu berisi objek-objek digital yang dapat diinteraksi dan dikontrol manusia melalui perintah-perintah yang lebih “manusiawi” seperti layaknya manusia berkomunikasi dengan objek hidup lainnya. Sejak pengenalannya, teknologi Virtual Reality telah mengalami tiga tahap perkembangan, tahap pertama, dimulai dilingkungan Militer dan masyarakat ilmiah terutama di Departmen Pertahanan AS dan NASA, yang mula-mula mengembangkan Virtual Reality untuk simulasi perang dan sebagai alat bantu analisis masalah ilmiah. Tahap kedua adalah pengembangan Virtual Reality untuk hiburan dan permainan yang mengawali pengenalan teknologi Virtual Reality kepada masyarakat. Dan tahap ketiga, yang baru saja dimasuki adalah peran Virtual Reality yang semakin besar didunia bisnis komersial. Virtual Reality menjanjikan bakal mengubah secara besar-besaran cara perdagangan didunia modern.

Dunia kerja yang rutin dilakukan dimasa sekarang ini hampir tidak ada selesainya, satu terselesaikan ada lagi selanjutnya begitu dan selalu begitu sampai seterusnya. Itu menunjukan bahwa jaman telah begitu pesat kemajuannya serta teknologinya, untuk itu peran komputer sangatlah penting untuk dapat menyelesaikan segala aktifitas kerja kita setiap harinya. Maka dari itu dalam penggunaannya komputer pada saat setelah memasukan data-data, maka kita harus mengolahnya sehingga mendapatkan hasil yang maksimal. Istilah pengolahan data dalam komputer terkenal dengan nama Pengolahan Data Elektronik (PDE) atau Electronic Data Processing (EDP). Data adalah kumpulan kejadian yang diangkat dari suatu kenyataan, data itu dapat berupa angka-angka, huruf-huruf atau symbol-simbol khusus atau gabungan darinya. Pengolahan data adalah manipulasi dari data kedalam bentuk yang lebih berguna dan lebih berarti berupa suatu informasi. Informasi adalah hasil daari kegiatan pengolahan data yang memberikan bentuk yang lebih berarti dari suatu kejadian. Jadi pengolahan data elektronik adalah manipulasi dari data kedalam bentuk yang lebih berarti berupa suatu informasi dengan menggunakan suatu alat elektronik, yaitu komputer.

Supaya komputer dapat digunakan untuk mengolah data, maka harus berbentuk sistem komputer. Sistem adalah jaringan dari pada elemen-elemen yang saling berhubungan, membentuk suatu kesatuan untuk melaksanakan suatu tujuan pokok dari sistem tersebut. Tujuan pokok dari sistem komputer adalah mengolah data untuk menghasilkan informasi, supaya tujuan pokok tersebut terlaksana, maka harus ada elemen-elemen yang mendukungnya, diantaranya elemen-elemen dari sistem komputer adalah elemen software, elemen hardware dan elemen Brainware. Pengertian Software adalah program yang berisi perintah-perintah untuk melakukan pengolahan data. Hardware adalah peralatan disistem komputer yang secara phisik terlihat dan dapat dijamah. Brainware adalah manusia yang terlihat didalam mengoperasikan serta mengatur sistem komputer. Ketiga elemen sistem komputer tersebut harus saling berhubungan dan membentuk satu kesatuan. Hardware tanpa adanya software, maka tidak akan berfungsi seperti yang diharapkan, hanya berupa benda mati saja. Software yang akan mengoperasikan hardware-nya. Hardware yang sudah didukung oleh software juga tidak akan berfungsi kalau tidak ada manusia yang mengoperasikannya.

Kemampuan komputer yang paling menakjubkan adalah kecepatannya. Komputer dapat melakukan suatu operasi dasar, seperti misalnya perhitungan pertambahan atau pengurangan dalam waktu yang sangat cepat, yaitu dalam satuan millisecond, microsecond, nanosecond atau picosecond. Komputer yang paling cepat dapat melakukan operasi dalam waktu picosecond. Berikut tabel satuan waktu kecepatan proses komputer:

Satuan waktu

Kecepatan

- Millisecond

- Ribu operasi per detik (1/1.000)

- Microsecond

- Juta operasi per detik (1/1.000.000)

- Nanosecond

- Milyar operasi per detik (1/1.000.000.000)

- Picosecond

- Triliun operasi per detik (/1.000.000.000.000)

Disamping kecepatan kemampuan lain dari komputer adalah mempunyai ingatan (memori) yang besar. Berikut ini tabel satuan kapasitas memori komputer:

Satuan memori

Kapasitas

- 1 byte

- 8 bit atau 1 karakter

- 1 kb (kilobyte)

- 1024 byte

- 1 mb (megabyte)

- 1024 kb atau 1.048.576 byte

- 1 gb (gigabyte)

- 1024 mb atau 1.048.576 kb atau 1.073.741.824 byte

- 1 terabit

- 1.099.511.627.776 bit atau 137.438.953.472 byte

Jadi sebenarnya penggunaan komputer tidak seluruhnya menggantikan fungsi kerja dari manusia, tetapi hanya sebagai alat Bantu saja. Komputer merupakan perkembangan teknologi yang penting karena meningkatkan kemampuan dari manusia.

Berikut ini ada cara-cara agar kita dapat menguasai komputer, yaitu terdapat 3 tahapan seseorang agar dapat menguasai dan menggunakan komputer dengan baik dan berhasil diantaranya:

1. Membaca buku-buku tentang komputer. Membaca adalah cara yang terbaik supaya anda dapat meningkatkan pengetahuan dan memahami dunia komputer.

2. Mencoba langsung pada suatu komputer. Dengan mencoba langsung anda akan mempunyai pengalaman dan lebih tahu tentang apakah komputer itu sesungguhnya.

3. Memilih suatu program komputer. Setelah anda membaca dan mencobanya langsung sehingga sudah terbiasa dengan komputer, maka anda akan lebih tertarik ketingkat yang lebih tinggi, yaitu ingin menulis suatu program aplikasi sendiri. Menulis suatu program berarti menciptakan suatu kumpulan perintah yang dapat dimengerti dan diikuti oleh komputer. Supaya komputer dapat mengerti maksud perinath anda biasanya anda menulis suatu program dengan suatu bahassa, yaitu bahasa pemrograman tertentu, misalnya BASIC, COBOL, PORTRAN, PASCAL dan lain-lain.

Alat pengolah data mulai dari yang paling sederhana, sampai sekarang ini dapat digolongkan kedalam 4 golongan, yaitu:

1. Alat manual, yaitu mempergunakan alat-alat sederhana, tangan masih memegang peranan penting.

2. Alat mekanik, yaitu alat mekanik yang digerakkan secara manual dengan tangan.

3. Alat mekanik elektronik, yaitu alat mekanik yang digerakkan oleh motor elektronik.

4. Alat elektronik, yaitu alat yang bekerjanya secara elektronik.

Dari keterangan diatas sudah sudah sangat jelas, bahwa kemajuan teknologi komunikasi sekarang berpengaruh pada perkembangan pemrosesan pengolahan data. Data dari suatu tempat dapat dikirim ketempat lain dengan alat telekomunikasi, data perlu dikirim dari satu tempat ketempat lain terdapat tiga elemen yang harus tersedia, yaitu sumber data (source), media transmisi (transmission media) yang membawa data yang dikirimkan dari sumber data ke elemen yang ketiga, yaitu penerima (receiver) bila salah satu elemen tidak ada, maka komunikasi tidak akan dapat dilakukan.

Maka jelaslah peran komputer sangatlah penting untuk kita, disamping sebagai alat hitung untuk mebantu perhitungan, peran lain yang tidak kalah pentingnya adalah sebagai pengolah dan penyimpan data-data catatan dan sebagai pengantar bahasa dalam mengungkapkan segala keinginan kita dan masih banyak manfaat-manfaat lain yang dapat kita peroleh dari komputer itu.

B. Identifikasi masalah

Dalam melakukan identifikasi masalah, maka ada satu pertanyaan penting yang terlebih dahulu harus dijawab yaitu apakah masalah yang diteliti cukup penting dan bermanfaat untuk dilakukan baik terhadap perkembangan ilmu pengetahuan ataupun keperluan praktis. Untuk itu dapat ditelusuri masalahnya adalah sebagai berikut :

1. Adakah pengaruh baik atau buruk dari komputer itu sendiri terhadap diri kita.

2. Bagaimana pelayanan yang tersedia terhadap pelanggan.

3. Persepsi pengguna terhadap Fasilitas pelayanan yang di inginkan pelanggan.

4. Aspek pelayanannya seperti apa dan bagaimana.

5. Cara penggunaan dan pengolahan data yang baik agar lebih dapat dikuasai.

C. Pembatasan masalah

Sehubungan dengan luasnya ruang lingkup komputer, baik itu dari segi fungsinya maupun kegunaannya serta aspek perkembangannya cukup penting untuk kita bahas, karena terkadang kita pasti mengalami permasalahan-permasalahan baik itu yang terduga maupun yang tidak terduga, itu harus dapat diantisipasi sebelumnya. Salah satunya maka penulis membatasi diri terhadap kebebasan dan penyalahgunaan daripada komputer itu. Karena komputer itu menurut pengertiannya adalah sebagai alat yang dapat melaksanakan atau membantu pekerjaan-pekerjaan secara format dan logic, sehingga membuahkan hasil dari pengolahan tadi berupa output. Hal ini terkadang ada yang disalahartikan dalam penggunaan pelaksanaannya, maka dari itu usaha apa yang dapat kita lakukan untuk mencegah permasalahan yang sudah meluas ini, yaitu kembali ke anda. Untuk itu mari kita jadikan komputer itu bukan hanya sebagai alat Bantu, tetapi juga sebagai alat tolak ukur sejauh mana perkembangan pola pikir kita didalam memajukan kehidupan kita menuju kearah yang lebih baik, baik itu dalam hal pola pikir maupun dalam prakteknya harus ada keseimbangan sehingga adanya suatu keseimbangan dan tidak ada yang dirugikan nantinya.

D. Perumusan masalah

Berdasarkan latar belakang, identifikasi dan pembatasan masalah diatas, maka masalah dalam penelitian ini dapat dirumuskan sebagai berikut:

1. Setelah didapat adanya pengaruh baik atau buruk dari komputer dapat dirumuskan masalahnya agar mendapat jalan keluarnya, mungkin bisa dengan tukar pikiran atau lainnya.

2. Begitupun dengan pelayanan yang tersedia untuk pelanggan, apakah sudah lengkap atau masih banyak kekurangan hal itupun harus dapat kita rumuskan sehingga bisa menjadi puas, bisa dengan belajar dari buku salah satunya.

3. Menaggapi persepsi pengguna terhadap fasilitas pelayanan itu sangatlah penting guna terpenuhi kebutuhannya, bisa juga dengan memperbaiki kekurangannya itu dengan penambahan fasilitas dan sejenisnya.

4. Dengan minimnya minat terhadap ilmu komputer, kita galakan semangat membaca dan kita dorong sehingga tertarik untuk mempelajarinya

E. Tujuan

Penelitian ini di harapkan hasil yang diperoleh dapat berguna sehingga dapat di aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan atau kegunaan penelitian ini dapat bermanfaat baik beberapa pihak di antaranya :

a. Bagi penulis, sebagai tambahan pengetahuan mengenai penggunaan tujuan komputer, dan khususnya diharapkan dapat turut berpartisipasi dalam mensosilisasikan tentang kelebihan dari komputer itu terhadap kegunaan dan pengalaman meneliti sejauh mana manfaat yang di peroleh di bidang komputer tersebut.

b. Bagi program studi teknik Informatika, dapat dijadikan kontribusi positif bagi mata kuliah yang berkaitan dengan bidang teknik informatika, seperti mata kuliah pengenalan komputer.

c. Bagi mahasiswa, sebagai sumber referensi dalam kegiatan belajar mengajar dan penulisan karya ilmiah maupun skripsi.

d. Bagi masyarakat, memberi informasi bagi masyarakat tentang komputer sebagai pembahasan.

e. Bagi konsumen, memberi pedoman pada konsumen tentang komputer.

f. Bagi produsen, dapat di jadikan sebagai bahan awal dalam meningkatkan produktifitas usaha dengan membuat produk-prodak baru/keluaran baru yang lebih berkualitas.

II. PEMBAHASAN

Dari keterangan diatas pembahasan yang harus diperhatikan yaitu sebagai berikut:

a. Dibandingkan dengan masa-masa sebelumnya pelaksanaan kemajuan komputer diera reformasi ini adalah kemajuannya yang terbesar dan begitu pesat. Seiring dengan Euporia Demokrasi, banyak kalangan pengguna komputer yang menyalahartikan makna dari kemajuan tersebut sehingga menimbulkan efek negatif dalam kehidupan sosial masyarakat, hal itu tampak pada berbagai kasus pemberitaan.tentang hal itu.

b. Konsekuensi terhadap pelaksanaannya harus lebih ditekankan sehingga lebih terarah.

c. Pengertian komputer yang sebenarnya adalah sebagai alat Bantu dalam menyelesaikan pekerjaannya, sehingga memberikan hasil berupa output, sedangkan yang menjadi objek penelitian dalam hal ini adalah komputer dalam arti yang sebenarnya.

d. Sejalan dengan pengertian komputer tersebut, maka yang dimaksud harus dapat dipertanggungjawabkan secara moril sehingga bermanfaat.

e. Dengan tidak adanya pertanggungjawaban tidak akan menjamin persoalan-persoalan yang muncul akibat penyalahgunaan seperti gambar-gambar pornografi, pemalsuan, pembobolan dan sebagainya, hal ini akan bisa diatasi atau tidak, itu semua kembali kepada diri masing-masing.

f. Pengolahan data yang kita lakukan itu sangat perlu, karena suatu data yang kita input tanpa terlebih dahulu kita olah hasilnya tidak akan maksimal maka dari itu pengolahan data sangatlah penting sehingga hasil dari output menjadi maksimal.

III. PENUTUP

Kemajuan teknologi modern terutama komputer merupakan salah satu wujud kemajuan zaman, sehingga kemajuan teknologi komputer merupakan hal penting untuk menciptakan kehidupan menuju kearah yang lebih baik. Melihat perannya yang begitu penting dan keberadaannya yang semakin kompleks maka sudah semestiya fungsi komputer dipergunakan dengan baik dan bertanggungjawab baik terhadap orang banyak maupun terhadap diri pribadi. Oleh karenanya menjadi sebuah konsekuensi tegas terhadap penggunaan komputer melalui bentuk pertanggung jawaban secara moral, sehingga ada suatu keseimbangan yang proporsional antara kemajuan komputer dengan pelaksanaannya dalam hal ini yaitu Para pengguna agar memanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Terkadang manusia itu tidak ada puasnya, setelah memahami cara penggunaannya banyak yang mencoba untuk sesuatu yang beda diantaranya sikap konyol yang dituangkan kedalam komputer, itu salah satunya belum lagi yang lainnya.

Saran dari penulis setelah mempelajari dan menganalisa perkembangan dari kemajuan teknologi komputer, penulis menilai perlu adanya upaya perbaikan dan perubahan dalam hal memfungsikan komputer tersebut, mengingat masih banyaknya penyalahgunaan dalam prakteknya. Sehubungan dengan persoalan tersebut, kiranya agar dapat diperhatikan mekanisme sistem pertanggunganjawabnya yang saat ini masih dianggap tidak penting, Hal ini harus segera dibenahi untuk yang akan datang menuju kearah yang lebih baik.

IV. DAFTAR PUSTAKA

a. Anderson, K Komputer Assisted Learning at Swin Bourne College of Tehnology, Australian Society of Educational, Tehnology Year Book, 1979.

b. Allen, B.S. The Video-Computer Nexus: Towards an Legenda for Instruction Development. Journal of Edcation Tehnology System, 1981-1982.

c. Alexander, Daniel Edwar: Fortron IV Pocket Hanbook, Mc Graw-Hill Book Company, 1972.

d. Donald H. Saders: Computer Today, Mc Graw-Hill Internasional Book Asian Student Edition, Desenber 1983.

e. Ralph M, Stair, JR: Priciples of Data Processing, Concept, Aplication and Cases. Richard Irwin INC, 1981.

f. Theresia Sediono BSC, Introduction to Computer, Andy of set Yogyakarta, 1985.

g. Charles S Parker: Understanding Computer and Data Processing Today and Tomorrow With Basic, Printed in The United State of America, Published Simultane Ously In Canada 1984.

DAFTAR ISI

DAFTAR ISI .......................................................................................................... i

KATA PENGANTAR .......................................................................................... ii

I. PENDAHULUAN ......................................................................................... 1

A. Latar belakang masalah ....................................................................... 1

B. Identifikasi masalah .............................................................................. 9

C. Pembatasan masalah ........................................................................... 9

D. Perumusan masalah .......................................................................... 10

E. Tujuan ................................................................................................... 11

II. PEMBAHASAN .......................................................................................... 12

III. PENUTUP ................................................................................................... 13

IV. DAFTAR PUSTAKA .................................................................................. 15


KATA PENGANTAR

Saat ini perkembangan ilmu dibidang komputer semakin pesat, pemakaian komputer itu sendiri sudah memasuki semua celah kehidupan manusia. Pemakaian komputer ini tidak terbatas pada perusahaan-perusahaan besar saja, tetapi perusahaan sedang dan kecil pun sudah menerapkan sistem komputerisasi.

Untuk mewujudkan sistem komputerisasi tersebut, pemahaman komputer sangat diperlukan. Guna keperluan tersebut dibutuhkan suatu pedoman yang benar-benar mampu untuk membangkitkan gairah belajar komputer khususnya bagi pemula yang sama sekali belum mengenal komputer. Terdorong adanya keperluan tersebut penulis mencoba menyajikan makalah yang berjudul KOMPUTER SEBAGAI PENGANTAR BAHASA. Makalah ini menguraikan secara singkat mengenai asal-usul komputer, sistem operasi data dan cara bekerja dengan bantuan komputer.

Pada kesempatan ini penulis mengucapkan terima kasih kepada bapak Irwan Siagian, yang telah memberikan petunjuk, saran dan pengarahan yang sangat berguna bagi penulisan makalah ini. Kemudian penulis menyadari bahwa dalam penulisan makalah ini masih banyak kekurangan dan kekeliruan. Oleh karena itu kami mengharapkan kritik dan saran dari Bapak agar makalah ini dapat lebih baik dimasa mendatang.

Jakarta, Juni 2008

Kerja kelompok

ii

Tidak ada komentar: